mempelajari cara bernegosiasi menggunakan bahasa inggris

Negosiasi Dalam Bahasa Inggris

April 7, 2020 By

Mempelajari cara bernegosiasi menggunakan bahasa inggris

Bahasa Inggris yang baik di dalam bisnis membuat diri anda memiliki nilai lebih dalam profesionalitas sehingga meningkatkan kepercayaan atasan, perusahaan, maupun klien terhadap diri anda. Keunggulan tersebut, ditambah dengan kemampuan negosiasi yang baik dapat memudahkan dalam mencapai kesepakatan seperti yang dikehendaki bersama. Maka cukup tepat jika anda mempelajari cara bernegosiasi menggunakan bahasa inggris dengan baik

 

Pilihlah kata-kata yang tepat

“Are you kidding me?”

“That’s ridiculous!”

 

Di dalam lingkungan profesional, tentu saja anda akan menghindari kesalahan komunikasi sebab penggunaan kata yang kurang tepat dapat berakibat fatal terhadap lajunya negosiasi. Untuk mencapai kesepakatan dengan rekanan bisnis, anda tentu perlu berhati-hati dalam berkomunikasi. Namun hal tersebut menjadi tantangan, sebab tidak semua kosa kata bahasa inggris yang anda miliki dapat secara langsung diutarakan. Tentunya kalimat-kalimat seperti diatas tidak bisa anda ungkapkan kepada rekanan atau klien kerja anda.

Diperlukan ketenangan dan pemikiran yang rasional untuk dapat memproduksi kalimat-kalimat yang baik. Maka penting bagi anda untuk mengambil momen untuk berpikir dalam sekian detik sebelum mengutarakan apa yang anda pikirkan sehingga pemikiran tadi dapat diungkapkan secara profesional melalui English business secara tenang, logikal, dan sopan:

 

“I’m afraid I had something different in mind.”

“Perhaps we can discuss the details a bit more before settling on this number”

Langkah 2 – Menunda jawaban

Salah satu cara bernegosiasi adalah dengan stalling/menunda. Stalling atau menunda merupakan tahapan penting di dalam negosiasi, khususnya ketika menentukan harga atau gaji yang anda inginkan. Tujuan dari stalling sendiri adalah untuk membuat lawan bicara menyebutkan pemikiran mereka terlebih dahulu. Untuk membantu anda dalam bernegosiasi, berikut beberapa langkah stalling yang dapat anda ikuti:

 

Ketika muncul pertanyaan seperti: “What price [or salary] were you expecting?”

Maka pertanyaan dan pernyataan ini dapat anda gunakan untuk merespon:

How much have you budgeted for this

?”

Dengan menanyakan anggaran akan memberikan anda petunjuk tentang banyaknya perencanaan anggaran untuk membayar gaji/produk/jasa anda.

Anda dapat mengetahui harga terhadap produk/jasa yang sejenis dengan mengetahui tarif yang sedang berlangsung:

“What’s the going rate for this product [service]?”

 

Pertanyaan ini mempermudah anda mengetahui besaran jangka angka terendah dan tertinggi dari perusahaan tersebut dalam menggaji karyawannya:

“What’s the typical range for others in this position?”

 

Pernyataan ini dapat memberikan anda waktu untuk mempertimbangkan hal-hal secara lebih lanjut:

“Let’s chat more about the position before discussing salary [price].” 

 

Lalukan penelitian/riset terlebih dahulu

Pastikan bahwa anda telah melakukan banyak penelitian sebelumnya. Jika tidak, anda akan bernegosiasi tanpa petunjuk apa pun mengenai apa sebenarnya yang anda negosiasikan. Cari tahu terlebih dahulu tarif berjalan komptetitor dan pastikan anda memberikan rate yang bersaing. Tawarkan pula kelebihan-kelebihan anda/product anda dibandingkan pesaing anda.

 

“These are some of the things that you will be getting from us that you can not find elsewhere.”

 

“I believe with these extra benefits, you are paying for a very cost effective product.”

 

Dengan menghindarkan diri dari kesalahan-kesalahan negosiasi, peluang untuk mendapatkan kesepakatan semakin meningkat. Tentunya hal ini sangat berpengaruh dalam karir anda. Dengan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris bersamaan dengan skill negosiasi diharapkan dapat menunjang karir profesional anda.

Berikut artikel yang akan membantu anda dalam pekerjaan atau bisnis, sedikit tips tentang cara memimpin sebuah rapat atau meeting dalam bahasa inggris dengan elegan dan benar : 4 Langkah Memimpin Meeting dalam Bahasa Inggris

 

Sumber: https://www.fluentu.com/blog/business-english/negotiating-in-english/